Mimink punya FB loo ""

Jumat, 15 Maret 2013

genetika itu asyiikk


Powered by Translate

SUNDAY, SEPTEMBER 16, 2012

2Perkembangan Biologi Sel dan Genetika



Pada kali ini saya akan mencoba mengulas tentang perkembangan genetika. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, genetika itu dapat dikatakan seperti perbiakan mahluk hidup atau pembentukkan organ tubuh manusia dari cell hingga menuju pembentukan gen. Untuk selengkanya mari kita simak bagaimana sih sejarah para penemu - penemu perkembangan genetika dulu.



Pertama sekali kita akan membahas tentang sosok penemuan Virchow mengenai "omsis cellula e cellula" pada tahun 1858, ini berarti bahsa sel mempunyai kemampuan untuk berkembang biak atau membelah dengan menghasilkan sel baru yang mempunyai sifat yang sama dengan induknya. Jadi jelas bahwa ada faktor-faktor yang diturunkan oleh sel induk kepada sel anaknya/keturunannya.

Rudolf Vinchow
Menurut Wilson, sifat menurun akan muncul sebagai konsekuensi adanya kontinuitas genetik dari sel melalui pembelahan

Joseph Wilson Swan
Tahun 1883, Weissmann menyatakan bahwa pemindahan faktor munurun dari satu generasi ke generasi berikutnya karena adanya "gern plasm" yang terdapat dalam sel kelamin.

August Wessmenn
Hukum dasar genetika telah ditemukan oleh Gregor Mendel pada tahun 1865, tetapi perubahan yang terjadi dalam sel belum dijelaskan secara lengkap.

Gregor Mendel
Lalu ada 3 orang serangkai yang melakukan penelitian tentang bagaimana ternyajinya proses pembelahan meiosis, dimana dalam sel kelamin hanya terdapat kromosom yang bersifat haploid, penemu itu bernama De Vries, Correns, dan Tschermack.

De Vries, Correns, dan Tschermack.
Penelitian - penelitian di bidang genetika berkembang terus sejalan dengan perkembangan yang terjadi dalam biologi sel dan kemudian muncul ilmu baru yang dikenal sebagai SITOGENETIKA. Perkembangan sitogenetika ini kemudian sejalan pula dengan perkembangan biokimia sehingga akhirnya munncul ilmu baru yang mempelajari tentang genetika ditingkat molekul yang dinamakan GENETIKA MOLEKUL.


Hanya itu info yang dapat saya bagikan.
Semoga Bermanfaat

Read more at http://indahnya-membaca.blogspot.com/2012/09/perkembangan-biologi-sel-dan-genetika.html#Ad5I5vArLmf1B13k.99 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar